10 Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya

Article Read Duration 6 menit membaca

Kulit kering merupakan masalah umum yang dihadapi banyak orang. Masalah ini tidak hanya menimbulkan ketidaknyamanan, tetapi juga dapat mempengaruhi penampilan dan kesehatan kulit secara keseluruhan. 

Pemahaman yang mendalam tentang penyebab dan cara mengatasinya dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Berikut ini akan dijelaskan penyebab kulit kering, ciri-cirinya, tips mengatasinya, serta rekomendasi produk dari La Roche Posay. 

10 Penyebab Kulit Kering 

Ada berbagai penyebab kulit kering, di antaranya sebagai berikut: 

1. Kekurangan Hidrasi 

Dehidrasi atau kurangnya asupan air merupakan salah satu penyebab kulit kering. Air membantu menjaga elastisitas kulit, dan tanpa cukup air, kulit bisa menjadi kering dan kusam.1

  

2. Cuaca Ekstrem 

Suhu dingin atau panas dan kelembaban rendah bisa mengambil kelembapan alami kulit, menyebabkan kulit menjadi kering.2

 

3. Penggunaan Sabun dan Pembersih yang Keras 

Banyak sabun dan pembersih mengandung bahan kimia yang bisa menghilangkan minyak alami kulit. Penggunaan produk seperti inilah yang bisa jadi penyebab muka kering.3

 

4. Paparan Sinar Matahari 

Sinar UV bisa merusak lapisan luar kulit, menyebabkan kehilangan kelembaban dan elastisitas.4

 

5. Faktor Usia 

Seiring bertambahnya usia, kelenjar sebasea di kulit mengurangi produksi sebum, menyebabkan kulit lebih rentan menjadi kering.5

 

6. Penggunaan Obat-obatan Tertentu 

Obat-obatan seperti diuretik atau retinoid bisa menyebabkan efek samping berupa kekeringan pada kulit. 

 

7. Kondisi Kulit 

Penyebab kulit kering dan gatal bisa jadi diakibatkan oleh kondisi kulit tertentu seperti eksim dan psoriasis. Keduanya merupakan masalah kulit yang umum terjadi dan butuh penanganan yang tepat. 

 

8. Faktor Genetik 

Kecenderungan kulit kering bisa diturunkan dari orang tua kepada anak. 

 

9. Penggunaan Alat Pemanas 

Penggunaan pemanas ruangan selama musim dingin di negara-negara tertentu bisa mengurangi kelembapan udara, menyebabkan kulit kering. 

 

10. Gaya Hidup 

Terakhir, penyebab kulit kering bisa disebabkan oleh pola makan yang kurang nutrisi dan merokok. Kedua gaya hidup inilah yang memengaruhi kesehatan dan kelembaban kulit. Bahkan merokok bisa jadi penyebab kulit kering dan kusam.

Ciri-ciri Kulit Kering 

Kulit kering tidak hanya terasa kaku dan tidak nyaman, tetapi juga memiliki ciri-ciri visual yang spesifik. Kulit kering sering kali tampak kusam, memiliki tekstur yang kasar, dan mungkin terkelupas. Selain itu, kulit kering dan gatal juga umum terjadi, terkadang disertai dengan retakan kecil yang bisa menyakitkan.

5 Tips Mengatasi Kulit Kering 

Untuk mengatasi penyebab kulit kering, ada beberapa langkah yang bisa diambil: 

1. Menjaga Hidrasi 

Minumlah banyak air setiap hari untuk membantu menjaga hidrasi kulit. 

2. Menggunakan Pelembab 

Aplikasikan pelembab sesaat setelah mandi untuk mengunci kelembapan. 

3. Pilih Produk Perawatan Kulit yang Tepat 

Gunakan sabun dan pembersih yang lembut yang tidak mengandung alkohol atau parfum yang keras. 

4. Gunakan Humidifier 

Menambahkan humidifier ke ruangan Anda bisa membantu menjaga kelembapan udara, yang bermanfaat untuk kulit kering. 

5. Perlindungan dari Sinar Matahari 

Menggunakan tabir surya adalah vital, terutama jika Anda menghabiskan waktu yang lama di luar rumah.

Rekomendasi Produk La Roche-Posay untuk Atasi Kulit Kering 

Untuk melindungi kulit kering dari efek berbahaya sinar matahari, Anda bisa menggunakan La Roche-Posay Cicaplast Baume B5+, setelah itu oleskan sunscreen dari ANTHELIOS UVMUNE 400 INVISIBLE FLUID SPF50+. Produk ini dilengkapi dengan MEXORYL400, filter UV inovatif yang efektif melindungi kulit dari berbagai spektrum sinar UV, termasuk UVA ultra panjang. 

Dapatkan perlindungan yang lebih maksimal dengan kedua produk dari La Roche-Posay Cicaplast Baume B5+ dan juga ANTHELIOS UVMUNE 400 untuk melembabkan kulit kering dan juga mencegah kulit terbakar akibat sinar matahari.

1American Academy of Dermatology. (2024). "Hydration and skin health." Retrieved March 13, 2024, from https://www.aad.org/hydration-skin. 

2National Weather Service. (2024). "Climate impact on skin." Retrieved March 13, 2024, from https://www.weather.gov/climate_skin/.  

3Dermatology Information Network. (2024). "Soap and skin health." Retrieved March 13, 2024, from https://www.dermnetnz.org/soap-skin.  

4Skin Cancer Foundation. (2024). "UV damage and skin protection." Retrieved March 13, 2024, from https://www.skincancer.org/UV-protection.  

BENAR
ATAU SALAH

COKELAT TIDAK BAIK
UNTUK KULIT RENTAN JERAWAT.

SALAH

Tidak ada bukti yang kuat bahwa cokelat memiliki efek apa pun pada jerawat, meskipun hal ini akan berbeda pada tiap orang, sehingga jerawat mungkin muncul pada beberapa orang. Cokelat hitam atau dark chocolate sebenarnya mengandung bahan antioksidan yang baik untuk kulit Anda!
Pelajari Selengkapnya

MAKANAN BERMINYAK
BERARTI KULIT BERMINYAK.

SALAH

Mitos umum tentang jerawat adalah bahwa lemak yang Anda konsumsi bisa membuat pori-pori Anda terlihat lebih berminyak, tapi tidak ada hubungan langsung di antara keduanya. Namun demikian, hidangan yang kaya akan lemak tidak jenuh dapat mendorong peradangan mikro di seluruh organ tubuh, termasuk kulit.  Singkatnya, daging berlemak dan kentang goreng tidak akan menyebabkan jerawat, namun menyantapnya secara tidak berlebihan adalah langkah terbaik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Pelajari Selengkapnya

GULA BISA
MEMPERBURUK JERAWAT.

BENAR

Berbagai penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa makanan dengan Indeks Glikemik tinggi - yang menyebabkan melonjaknya gula darah - bisa memperburuk jerawat.  Kami tahu ini lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan, namun untuk menjaga kulit Anda tetap indah, jauhkan diri Anda dari menyantap kudapan manis, minuman mengandung gula, dan hidangan yang terbuat dari tepung putih, dan sebaliknya memakan makanan berserat tinggi seperti yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan utuh.
Pelajari Selengkapnya

MEMENCET JERAWAT
BERDAMPAK BURUK BAGI ANDA.

BENAR

Meskipun tampaknya merupakan cara cepat untuk mengatasi jerawat, memencet jerawat sebenarnya akan memperburuk keadaan kulit Anda yang rentan berjerawat karena bisa merusak folikel rambut yang telah terinfeksi dan meningkatkan peradangan. Anda bahkan dapat membawa infeksi baru dari kuku jemari.Jadi, memencet jerawat adalah kebiasaan buruk dan harus dihindari!
Pelajari Selengkapnya

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui regulasi kosmetik internasional.