5 Penyebab Gatal Pada Kulit dan Cara Mengatasinya

Article Read Duration 5 menit membaca

Kebanyakan orang menganggap rasa gatal sebagai sesuatu yang umum dan secara instingtif mengatasinya dengan cara menggaruk. Jika didefinisikan, gatal berarti kondisi kulit yang membuat penderitanya ingin menggaruk. Penyebab gatal pada kulit yang paling umum adalah penyakit kulit primer, tapi tak menutup kemungkinan bahwa rasa gatal tersebut muncul sebagai gejala penyakit sistemik dan penyakit neuropati. 

Penyebab Gatal pada Kulit 

Dari berbagai hasil penelitian yang diadakan, disebutkan bahwa rasa gatal merupakan gejala yang paling sering dijumpai pada masalah kulit. Diketahui juga bahwa lebih banyak perempuan yang menderita gatal-gatal dibandingkan laki-laki1. Gatal-gatal dapat terjadi di satu area kulit saja (lokal), tapi juga dapat terjadi menyebar di seluruh tubuh (general). 

Jika dikelompokkan, terdapat lima penyebab gatal pada kulit23, yaitu: 

  1. Dermatologi
  2. Rasa gatal yang muncul diakibatkan oleh kondisi kulit, bisa akibat adanya iritasi, peradangan, pembengkakan, atau akibat kerusakan di kulit. Contohnya adalah kulit kering, eksim, psoriasis, biduran, dan reaksi alergi.

     

  3. Sistemis
  4. Penyebab gatal-gatal pada kulit adalah kondisi medis yang dapat berpengaruh kepada kulit dan organ-organ internal. Contohnya adalah leukimia, gagal ginjal, hipertiroidisme, dan hepatitis. 

     

  5. Psikogenis
  6. Pada kelompok ini, penyakit gatal pada kulit adalah faktor psikologis dan kondisi psikiatris. Contohnya adalah gatal saat mengalami gangguan kecemasan, stres, depresi, kepribadian ambang, dan obsesif-kompulsif. 

     

  7. Neuropati
  8. Rasa gatal diakibatkan oleh kondisi sistem saraf atau akibat adanya gangguan fungsi saraf. Contohnya adalah multiple sclerosis, diabetes melitus, dan post-herpetic neuralgia

     

  9. Campuran
  10. Rasa gatal muncul karena paduan dua faktor atau lebih, atau akibat dua mekanisme atau lebih. Contohnya adalah dermatitis atopik dan herpes zoster.

Dari semua penyebab gatal ini, disebutkan bahwa penyebab gatal pada kulit paling umum adalah kulit kering4, baik sebagai penyebab gatal-gatal seluruh badan maupun gatal-gatal di area tertentu.

Kulit menjadi kering saat berkurangnya kelembapan di lapisan epidermis, terutama di stratum corneum yang merupakan lapisan terluar dari epidermis. Kulit kering menjadi gejala di hampir semua masalah kulit, terutama yang berkaitan dengan menurunnya fungsi skin barrier sebagai pelindung kulit. Saat kulit kering, stimulasi yang ringan saja dapat membuat kulit menjadi gatal-gatal. 

Cara Mengatasi Gatal pada Kulit 

Cara yang paling umum dilakukan untuk mengatasi gatal-gatal di kulit adalah dengan menemukan faktor penyebab gatal pada kulit lalu mengobatinya. Jika muncul rasa gatal yang membuat tidak nyaman, maka dapat mengonsumsi obat penghilang gatal namun penting untuk berkonsultasi kepada dermatolog terlebih dahulu. Cara lain yang bisa dilakukan untuk meredakan gatal adalah mengompres kulit yang gatal dengan waslap yang sudah dibasahi dengan air dingin atau dengan es batu yang dibungkus dengan kain.

Selain mengatasi penyebab kulit gatal, pada saat bersamaan, kulit harus dijaga kelembapannya agar tidak menjadi kering dan mudah gatal-gatal. Ini bisa dilakukan dengan melakukan perawatan kulit kering di rumah. Cara-cara yang dapat dilakukan adalah5

  • Mengaplikasikan produk pelembap khusus untuk kulit kering secara rutin setiap habis mandi dan mencuci wajah untuk menjaga kelembapan kulit. 
  • Cermat memilih produk-produk skincare yang tidak mengandung pewangi, pewarna, dan pengawet yang berlebihan karena dapat membuat kulit yang kering dan sensitif iritasi.
  • Mandi dengan air hangat, bukan air panas.
  • Hindari pakaian dengan kain yang berpotensi menyebabkan iritasi kulit seperti wol, poliester, dan nilon. Sebaiknya, pilih pakaian yang terbuat dari katun. 

Rekomendasi Krim untuk Mengatasi Kulit Kering dan Gatal 

Untuk membantu Anda melembapkan kulit yang kering sehingga gatal-gatal tidak muncul, Anda bisa menggunakan rangkaian produk LIPIKAR. Produk ini direkomendasikan oleh banyak dermatologist karena efektivitasnya dalam mengatasi masalah kulit tersebut. Salah satu produk unggulan dalam rangkaian ini adalah LIPIKAR BAUME AP+M

Beberapa manfaat LIPIKAR BAUME AP+M, yakni: 

  1. Perawatan untuk Kulit Kering Hingga Sangat Kering dan Rentan Alergi 
  2. LIPIKAR BAUME AP+M merupakan balm yang diformulasikan khusus untuk kulit yang sangat kering dan rentan terhadap alergi. Produk ini mampu mengurangi rasa tidak nyaman pada kulit serta mengurangi gatal. 

     

  3. Aman untuk Semua Usia 
  4. Krim ini dapat digunakan oleh semua kelompok usia, mulai dari bayi baru lahir hingga orang dewasa. Aman untuk kulit sensitif karena tidak mengandung fragrance. 

     

  5. Menutrisi Kulit dan Menyeimbangkan Mikrobioma 
  6. LIPIKAR BAUME AP+M membantu menutrisi kulit dan menyeimbangkan mikrobioma pada kulit, yang penting untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. 

     

  7. Memperbaiki Skin Barrier 
  8. Produk ini juga bekerja untuk memperbaiki skin barrier, yang merupakan lapisan pelindung kulit yang penting untuk mencegah iritasi dan kehilangan kelembapan. 

    Dengan formula triple repair efficacy, LIPIKAR BAUME AP+M menjadi solusi yang ideal untuk Anda yang memiliki masalah dengan kulit kering, sangat kering, dan rentan alergi. Produk ini memberikan perawatan menyeluruh yang menenangkan dan melindungi kulit, menjadikannya lebih sehat dan nyaman.

    Anda bisa mendapatkan LIPIKAR BAUME AP+M di Official Store La Roche-Posay Indonesia di marketplace ternama ataupun drugstore terdekat!

1Song, J., Xian, D., Yang, L., Xiong, X., Lai, R., & Zhong, J. (2018). Pruritus: Progress toward Pathogenesis and Treatment. Bio Med Research International, 2018, 1–12. https://doi.org/10.1155/2018/9625936

2Tivoli, & Rubenstein. (2009, July). Pruritus. The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, 2(7), 30–36. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2924137/

3Moses, S. (2003, September 13). Pruritus. AAFP. Retrieved August 23, 2023, from https://www.aafp.org/pubs/afp/issues/2003/0915/p1135.html

4Tarikci, N., Kocatürk, E., Güngör, U., Oğuz Topal, I., Ülkümen Can, P., & Singer, R. (2015). Pruritus in Systemic Diseases: A Review of Etiological Factors and New Treatment Modalities. The Scientific World Journal, 2015, 1–8. https://doi.org/10.1155/2015/803752

5Pietrangelo, A. (2019, May 28). Anxiety and Itching: What to Do When They Happen Together. Healthline. Retrieved August 23, 2023, from https://www.healthline.com/health/anxiety/anxiety-and-itching

6Song, J., Xian, D., Yang, L., Xiong, X., Lai, R., & Zhong, J. (2018). Pruritus: Progress toward Pathogenesis and Treatment. BioMed Research International, 2018, 1–12. https://doi.org/10.1155/2018/9625936

BENAR
ATAU SALAH

Placeholder

GULA BISA
MEMPERBURUK JERAWAT.

BENAR Placeholder

Berbagai penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa makanan dengan Indeks Glikemik tinggi - yang menyebabkan melonjaknya gula darah - bisa memperburuk jerawat.  Kami tahu ini lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan, namun untuk menjaga kulit Anda tetap indah, jauhkan diri Anda dari menyantap kudapan manis, minuman mengandung gula, dan hidangan yang terbuat dari tepung putih, dan sebaliknya memakan makanan berserat tinggi seperti yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan utuh.
Pelajari Selengkapnya
Placeholder

MEMENCET JERAWAT
BERDAMPAK BURUK BAGI ANDA.

BENAR Placeholder

Meskipun tampaknya merupakan cara cepat untuk mengatasi jerawat, memencet jerawat sebenarnya akan memperburuk keadaan kulit Anda yang rentan berjerawat karena bisa merusak folikel rambut yang telah terinfeksi dan meningkatkan peradangan. Anda bahkan dapat mengakibatkan infeksi baru dari kuku jari.Jadi, memencet jerawat adalah kebiasaan buruk dan harus dihindari!
Pelajari Selengkapnya
Placeholder

COKELAT TIDAK BAIK
<strong> BAGI KULIT YANG RENTAN BERJERAWAT.</strong>

SALAH Placeholder

Tidak ada bukti yang kuat bahwa cokelat memiliki efek apa pun pada jerawat, meskipun hal ini akan berbeda pada tiap orang, sehingga jerawat mungkin muncul pada beberapa orang. Cokelat hitam atau dark chocolate sebenarnya mengandung bahan antioksidan yang baik untuk kulit Anda!
Pelajari Selengkapnya
Placeholder

MAKANAN BERMINYAK
<strong> BERARTI KULIT BERMINYAK.</strong>

SALAH Placeholder

Mitos umum tentang jerawat adalah bahwa lemak yang Anda konsumsi bisa membuat pori-pori Anda terlihat lebih berminyak, tapi tidak ada hubungan langsung di antara keduanya. Walaupun demikian, pola makan yang kaya lemak tidak jenuh dapat meningkatkan peradangan mikro di seluruh organ tubuh, termasuk di kulit.  Singkatnya, daging berlemak dan kentang goreng tidak akan menyebabkan jerawat, namun menyantapnya secara tidak berlebihan adalah langkah terbaik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Pelajari Selengkapnya

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui peraturan kosmetik internasional.

laroche posay safety commitment product allergy tested model close up

100% PRODUCTS
ALLERGY TESTED

Lihat Selengkapnya
Satu Prasyarat = Allergy Tested
Jika terdeteksi satu kasus, kami akan kembali ke lab dan melakukan formulasi ulang
laroche posay safety commitment essential active dose product head

HANYA BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN,
DENGAN <strong>KADAR BAHAN</strong> YANG TEPAT

Lihat Selengkapnya
Produk kami dikembangkan bersama dengan ahli dermatologi dan toksikologi, dan hanya mengandung bahan-bahan yang diperlukan, dengan kadar bahan yang tepat.
laroche posay safety commitment sensitive skin model baby

TERUJI
PADA KULIT YANG PALING SENSITIF
 

Lihat Selengkapnya
Produk kami telah diuji pada konsumen dengan kulit yang sensitif: kulit reaktif, alergi, rentan jerawat, rentan tampak memerah, terasa pedih maupun panas, kering, atau terasa gatal, rusak, atau rapuh akibat pengobatan kanker.
laroche posay safety commitment formula protection product head

PERLINDUNGAN FORMULA
DARI WAKTU KE WAKTU

Lihat Selengkapnya
Kami memilih kemasan dengan perlindungan maksimal yang hanya menggunakan bahan pengawet seperlunya, untuk selalu mengedepankan keamanan dan kualitas produk.