Cek Kandungan dan Rekomendasi Skincare yang Cocok untuk Kulit Kering di Sini!

Article Read Duration 6 menit membaca

Pada musim kemarau yang sedang berlangsung pada saat ini, kemungkinan kulit Anda menjadi lebih kering. Penyebabnya adalah kurangnya curah hujan sehingga kandungan air di udara menurun dan udara menjadi kering. Udara yang kering akan menarik air dari permukaan kulit, menyebabkan kelembapan kulit berkurang. Anda perlu merawat kulit dengan rangkaian skincare untuk kulit kering agar kulit tetap lembap walau berada di lingkungan udara kering.

Ciri-Ciri Kulit Kering 

Anda mungkin memiliki kulit berjenis normal, tapi berbagai faktor, seperti sering berada di lingkungan dengan udara yang kering, paparan bahan kimia, paparan sinar matahari, dan kebiasaan mandi dengan air panas, membuat kulit Anda berubah menjadi kering. Namun bisa juga, Anda secara genetik memiliki kulit yang kering atau kulit kering Anda merupakan gejala sisa dari masalah kulit seperti dermatitis atopik dan psoriasis1

Kulit kering, disebut juga dengan xerosis, adalah kondisi saat kulit kekurangan hydrolipid2 di lapisan epidermis kulit. Ini dapat terjadi karena skin barrier mengalami kerusakan sehingga fungsinya sebagai pelindung kulit tidak optimal. Skin barrier yang tidak berfungsi optimal menyebabkan jumlah lipid dan air di permukaan kulit berkurang. 

Kulit kering memiliki ciri dan gejala yang bisa berbeda pada setiap orang, tapi umumnya mencakup kulit yang terasa ditarik, teksturnya kasar saat disentuh, gatal-gatal, garis-garis di kulit terlihat jelas, bersisik, pecah-pecah, mengelupas, bahkan sampai berdarah. Jika kulit kering digaruk maka dapat menyebabkan kulit lecet, membuat kulit menjadi rentan mengalami iritasi dan infeksi. 

Rawat Kulit dengan Skincare untuk Kulit Kering 

Perawatan kulit di rumah yang konsisten disertai dengan perubahan gaya hidup menjadi kunci untuk merawat kulit yang kering. Ada dua hal yang harus diperhatikan dalam merawat kulit di rumah, yaitu mandi dengan cara yang benar dan pilihan produk skincare yang cocok untuk kulit kering. 

Mandi menjadi aktivitas yang harus diperhatikan bagi pemilik kulit kering karena berapa lama durasi, frekuensi, serta suhu air yang digunakan saat mandi dapat berpengaruh pada kondisi kulit yang bisa menjadi lebih kering. Karena itu, American Academy of Dermatology Association3 menyarankan agar Anda membatasi waktu mandi, cukup 5—10 menit saja setiap mandi.

Saat mandi, gunakan air bersuhu ruang untuk membasuh tubuh. Untuk membersihkan kulit dari kotoran, pilih produk skincare untuk kulit kering lembut yang tidak mengiritasi kulit kering. Biasanya produk pembersih ini memiliki pH sedikit asam karena mendekati pH alami kulit. Setelah mandi, cukup tepuk-tepuk kulit untuk menyerap air, lalu langsung aplikasikan pelembap kulit.4 

Mengaplikasikan pelembap kulit sesegera mungkin setelah mandi atau setelah mencuci wajah sangat dianjurkan karena membantu mengunci air di kulit. Pilih produk pelembap berbentuk krim dan berbahan dasar minyak karena lebih efektif melembapkan kulit kering dibandingkan pelembap yang berbahan dasar air5.

Produk skincare untuk kulit kering lainnya yang perlu diaplikasikan adalah sunscreen. Paparan sinar matahari yang intens, terutama pada saat musim panas, bisa saja membuat kulit Anda menjadi semakin kering6. Karena itu, selalu aplikasikan sunscreen 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan dan aplikasikan ulang setiap dua jam. 

Kandungan Skincare untuk Kulit Kering 

Saat memilih produk skincare untuk kulit kering agar glowing, yang harus Anda perhatikan adalah kandungan bahan-bahannya. Ada tiga kelompok pelembap yang biasa terdapat di dalam produk-produk skincare7, termasuk skincare untuk kulit kering, yaitu: 

  • Humektan. Merupakan bahan-bahan yang dapat menarik air dari lingkungan dan dari lapisan kulit yang dalam lalu menahannya di lapisan epidermis. Tujuannya adalah untuk menjaga kadar air di kulit. Bahan-bahan yang termasuk humektan di antara adalah hyaluronic acid, glycerin, glycerol, urea. 
  • Emolien. Membantu pemulihan skin barrier yang rusak dengan membantu mensuplai lipid yang berkurang di lapisan epidermis. Selain itu, emolien juga membantu menghaluskan dan melembutkan tekstur kulit. Bahan-bahan yang termasuk emolien di antara adalah ceramide, asam lemak, squalane, kolesterol, dan minyak jojoba. 
  • Oklusif. Membentuk lapisan hidrofobik di permukaan kulit sehingga dapat membantu mencegah trans epidermal water loss (TEWL), yaitu air yang keluar dari tubuh karena menguap lewat kulit. Lapisan ini juga membantu pemulihan skin barrier yang rusak. Bahan-bahan yang termasuk oklusif di antaranya adalah petrolatum, lanolin, lilin lebah, dan silikon.

Selain ketiga bahan yang melembapkan di atas, skincare untuk kulit kering dan kusam sebaiknya memiliki kandungan bahan-bahan yang membantu menenangkan kulit saat meradang, serta bahan-bahan yang dapat membantu meradakan rasa gatal8.

Rekomendasi Skincare untuk Kulit Kering: La Roche-Posay Cicaplast Baume B5+ 

Anda yang membutuhkan rekomendasi skincare untuk kulit kering, dapat mencoba La Roche-Posay Cicaplast Baume B5+, krim serbaguna yang dapat membantu merawat, menenangkan, dan melindungi kulit kering dan teriritasi ringan. 

Rekomendasi skincare untuk kulit kering dan kusam ini membantu merawat kulit kering dengan menutrisi dan melembapkannya. Walaupun memiliki tekstur krim, tapi cepat meresap sehingga dapat dengan cepat melembapkan kulit. Selain itu, krim ini juga membantu melindungi skin barrier dengan optimal agar tidak mudah rusak, dan bisa segera pulih jika terlanjur mengalami kerusakan. 

La Roche-Posay Cicaplast Baume B5+ memiliki kandungan bahan-bahan berupa Tribioma, Madecassoside (esktrak centella asiatica) dan Copper-Zinc-Manganese yang dapat membantu memperbaiki skin barrier. Adapula kandungan 5% Panthenol untuk menenangkan kulit yang teriritasi ringan, kemerahan, dan sensitif.

Produk skincare untuk kulit kering ini dapat dikenakan oleh semua usia, mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Khusus untuk bayi, La Roche-Posay Cicaplast Baume B5+ dapat digunakan oleh bayi berusia tiga bulan ke atas. 

Untuk hasil yang optimal dalam merawat kulit kering, gunakan La Roche-Posay Cicaplast Baume B5+ sesuai dengan urutan skincare untuk kulit kering. Untuk pembersih kulit, Anda bisa gunakan La Roche-Posay Lipikar Syndet AP+, dilanjutkan dengan aplikasi La Roche-Posay Cicaplast Baume B5+ sebagai pelembap, dan La Roche-Posay Anthelios Uvmune 400 Invisible Fluid SPF 50+ sebagai sunscreen.

Ketiga produk skincare untuk kulit kering ini bisa didapatkan di Official Store La Roche-Posay Indonesia di marketplace ternama. Ataupun drugstore terdekat di kalian!

1https://jddonline.com/articles/clinical-improvements-in-very-dry-skin-from-a-natural-ingredient-based-moisturizing-cream-compared-w-S1545961618P0758X 

2https://www.statpearls.com/ArticleLibrary/viewarticle/43016#/ 

3https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/dermatologists-tips-relieve-dry-skin 

BENAR
ATAU SALAH

Placeholder

COKELAT TIDAK BAIK
UNTUK KULIT RENTAN JERAWAT.

SALAH Placeholder

Tidak ada bukti yang kuat bahwa cokelat memiliki efek apa pun pada jerawat, meskipun hal ini akan berbeda pada tiap orang, sehingga jerawat mungkin muncul pada beberapa orang. Cokelat hitam atau dark chocolate sebenarnya mengandung bahan antioksidan yang baik untuk kulit Anda!
Pelajari Selengkapnya
Placeholder

MAKANAN BERMINYAK
BERARTI KULIT BERMINYAK.

SALAH Placeholder

Mitos umum tentang jerawat adalah bahwa lemak yang Anda konsumsi bisa membuat pori-pori Anda terlihat lebih berminyak, tapi tidak ada hubungan langsung di antara keduanya. Namun demikian, hidangan yang kaya akan lemak tidak jenuh dapat mendorong peradangan mikro di seluruh organ tubuh, termasuk kulit.  Singkatnya, daging berlemak dan kentang goreng tidak akan menyebabkan jerawat, namun menyantapnya secara tidak berlebihan adalah langkah terbaik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Pelajari Selengkapnya
Placeholder

GULA BISA
MEMPERBURUK JERAWAT.

BENAR Placeholder

Berbagai penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa makanan dengan Indeks Glikemik tinggi - yang menyebabkan melonjaknya gula darah - bisa memperburuk jerawat.  Kami tahu ini lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan, namun untuk menjaga kulit Anda tetap indah, jauhkan diri Anda dari menyantap kudapan manis, minuman mengandung gula, dan hidangan yang terbuat dari tepung putih, dan sebaliknya memakan makanan berserat tinggi seperti yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan utuh.
Pelajari Selengkapnya
Placeholder

MEMENCET JERAWAT
BERDAMPAK BURUK BAGI ANDA.

BENAR Placeholder

Meskipun tampaknya merupakan cara cepat untuk mengatasi jerawat, memencet jerawat sebenarnya akan memperburuk keadaan kulit Anda yang rentan berjerawat karena bisa merusak folikel rambut yang telah terinfeksi dan meningkatkan peradangan. Anda bahkan dapat membawa infeksi baru dari kuku jemari.Jadi, memencet jerawat adalah kebiasaan buruk dan harus dihindari!
Pelajari Selengkapnya

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui regulasi kosmetik internasional.