Begini 7 Cara Menghilangkan Noda Hitam di Wajah

Article Read Duration 6 menit membaca

Munculnya noda hitam di wajah merupakan sesuatu yang umum, terutama pada orang Indonesia yang memiliki warna kulit dengan skala Fitzpatrick III sampai V. Tergantung dari tingkat keparahannya, cara menghilangkan noda hitam di wajah dapat dilakukan dengan perawatan kulit menggunakan rangkaian produk skincare, atau dipadukan dengan perawatan di klinik kecantikan. 

Jenis-Jenis Noda Hitam di Wajah 

Noda hitam di kulit merupakan bentuk dari hiperpigmentasi, yaitu kondisi kulit yang ditandai dengan warna kulit menjadi lebih gelap dibandingkan warna aslinya1. Orang-orang dengan warna kuit medium sampai gelap rentan mengalami hiperpigmentasi, karena mereka memiliki jumlah melanin (zat pigmen kulit) lebih banyak.  

Hiperpigmentasi bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebihan, perubahan hormon, peradangan kulit, konsumsi obat-obatan, pengobatan, dan iritasi kulit. Saat hiperpigmentasi terjadi, sel-sel melanosit yang terdapat di lapisan epidermis dan dermis kulit terpicu untuk meningkatkan produksi melanin sampai berlebih2, sehingga kulit di area tersebut menjadi lebih gelap dibandingkan sekitarnya. 

Hiperpigmentasi mencakup banyak kondisi kulit, tapi di Indonesia, kondisi kulit yang paling banyak ditemui adalah melasma, post-inflammation hyperpigmentation (PIH), dan solar lentigo3. Berikut penjelasannya:

 

1. Melasma 

Melasma muncul akibat pengaruh kondisi hormon perempuan dan paparan sinar matahari. Karenanya, hiperpigmentasi ini banyak dialami oleh ibu hamil dan perempuan yang mengonsumsi pil kontrasepsi. Bentuk nodanya tidak beraturan dan ukurannya cenderung besar. Di Indonesia, melasma banyak diderita perempuan kelompok usia 20-30 dan 51-60. 

 

2. Solar lentigo  

Muncul di area tubuh orang dewasa yang sering terpapar sinar matahari, yaitu wajah, lengan atas, dada, dan punggung tangan. Pemicunya adalah paparan sinar matahari terus-menerus dan/atau terbakar sinar matahari. Perempuan penderita solar lentigo di Indonesia semakin besar jumlahnya seiring pertambahan usia. 

 

3. PIH 

Penyebab hiperpigmentasi pada wajah ini adalah peradangan akibat cedera dan trauma di kulit, bisa berupa jerawat, luka, eksim, atau gigitan serangga. Saat peradangan sudah reda, area kulit yang meradang berubah warna menjadi lebih gelap. Noda hitam bekas jerawat adalah salah satu bentuk PIH. Kebalikan dari solar lentigo, penderita PIH di Indonesia menurun jumlahnya dengan pertambahan usia.  

7 Cara Menghilangkan Noda Hitam di Wajah 

Untuk menghilangkan noda hitam di wajah, Anda harus melihat penyebabnya terlebih dahulu. Jika penyebabnya sudah diatasi dan dihindari, baru kemudian noda hitamnya yang dihilangkan. Cara menghilangkan noda hitam di wajah secara alami dapat dilakukan, tapi hasilnya baru terlihat dalam jangka waktu lama. 

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan saran pengobatan yang tepat agar noda hitam di wajah bisa lebih cepat pudar dan hilang. Dokter kulit kemungkinan akan meresepkan obat oles dan/atau obat oral untuk perawatan di rumah, serta merekomendasikan perawatan di klinik kecantikan jika noda hitam membandel.  

Secara umum, berikut ini adalah tujuh cara menghilangkan noda hitam di wajah yang bisa Anda lakukan:

 

1. Obat oles 

Paling sering diresepkan dokter kulit sebagai cara menghilangkan noda hitam di wajah. Beberapa kandungan bahan aktif yang terbukti dapat membantu mengatasi hiperpigmentasi dalam uji klinis adalah hydroquinone 4%, tretinoin 0,1%, azelaic acid 20%, niacinamide 5%, serta kombinasi luocinolone acetonide 0,01%, hydroquinone 4%, dan tretinoin 0.05%4. Obat-obat ini tergolong keras, karena itu harus digunakan di bawah pengawasan dokter kulit.  

 

2. Obat oral 

Merupakan pengobatan lini kedua untuk menghilangkan noda hitam di wajah. Beberapa obat oral yang pernah diuji klinis untuk hiperpigmentasi berupa tranexamic acid, melatonin, cysteamine hydrochloride, dan glutathione dengan dosis yang disesuaikan5

 

3. Chemical peeling 

Merupakan prosedur cara menghilangkan noda hitam di wajah yang konvensional tapi efektif, karena bekerja dengan mengelupas lapisan teratas stratum corneum. Bahan aktif yang digunakan umumnya berupa paduan 14% salicylic acid, 14% lactic acid, dan 14% resorcinol, sementara bahan aktif tunggal berupa tretinoin, glycolic acid, dan trichloroacetic acid dosis tinggi.

 

4. Microneedling 

Cara menghilangkan noda hitam di wajah ini menghasilkan luka mikro yang terkontrol di kulit wajah tanpa merusak epidermis, yang ditujukan untuk memicu produksi kolagen dan elastin. Sama seperti chemical peeling, perawatan ini paling efektif jika dipadukan dengan penggunaan obat oles. 

 

5. Terapi laser 

Beberapa jenis terapi laser, yaitu Intense Pulsed Light (IPL), Pulsed-Dye Laser (PDL), Q-Switched Neodymium-doped Yttrium Aluminum Garnet (QS Nd: YAG), dan Erbium: YAG Laser, efektif sebagai cara menghilangkan noda hitam di wajah.  

 

6. Mesoterapi 

Merupakan terapi berupa injeksi mikro intradermal berisi obat dan/atau vitamin. Pada penderita hiperpigmentasi, mesoterapi dapat mencerahkan noda hitam dengan injeksi berisi, salah satunya, tranexamic acid

 

7. Produk Skincare dengan Bahan Aktif 

Produk skincare dengan kandungan bahan aktif yang membantu mencerahkan noda hitam dan/atau bahan aktif yang membantu memperlambat produksi melanin6. Pastikan kandungan bahan aktifnya aman dan sudah disetujui oleh dokter kulit.  

Apa pun cara menghilangkan noda hitam di wajah yang Anda pilih, pastikan untuk selalu menggunakan sunscreen pada pagi dan siang hari. Selain membantu mencegah hiperpigmentasi memburuk, sunscreen juga mencegah terjadinya hiperpigmentasi. Pilih sunscreen yang memberi perlindungan efektif dari sinar UVA dan UVB.  

Rekomendasi Serum yang Melawan Hiperpigmentasi 

Mengatasi hiperpigmentasi jadi lebih mudah dan cepat dengan dukungan La-Roche Posay MELA B3 Serum. Terobosan terkini dari La-Roche Posay ini memiliki formula yang komplet untuk melawan masalah hiperpigmentasi sekaligus menghidrasi kulit dan merawat skin barrier

Inovasi terbaru berupa Melasyl™ yang didapatkan setelah riset selama 18 tahun dan telah mendapat 23 paten, membantu mengurangi hiperpigmentasi dengan hasil lebih baik dibandingkan bahan aktif lainnya. Melasyl™ bekerja dengan cara menangkap prekursor melanin sebelum berubah menjadi melanin, sehingga dapat mencegah produksi melanin berlebih.  

Kerja Melasyl™ didukung oleh kandungan niacinamide 10% sebagai anti-peradangan dan mengurangi jumlah melanin yang mencapai kulit, LHA dan retinyl palmitate sebagai eksfolian yang mendukung pergatian sel-sel kulit, dan ekstrak cytoseira tamariscifolia yang menghambat pembentukan melanin. La-Roche Posay MELA B3 Serum juga mengandung hyaluronic acid dan glycerin yang menghidrasi, carnosine sebagai antioksidan, dan K2G sebagai anti-peradangan.  

Ikuti pemakaian La-Roche Posay MELA B3 Serum dengan La-Roche Posay ANTHELIOS UVMune 400 SPF 50+ agar kulit wajah terlindungi dari paparan sinar matahari, khususnya sinar UVA, yang dapat memperburuk hiperpigmentasi. 

Setelah seminggu pemakai La-Roche Posay MELA B3 Serum, Anda dapat melihat hasilnya. Dari hasil uji klinis terhadap 50 orang perempuan, 98% melihat adanya perubahan di noda hitam setelah seminggu, 100% melihat berkurangnya warna dan jumlah noda hitam setelah dua minggu, serta 85% merasa berkurangnya noda hitam dan hiperpigmentasi. 

La-Roche Posay MELA B3 Serum dapat Anda andalkan sebagai cara menghilangkan noda hitam di wajah. Dapatkan produknya di Official Store La Roche-Posay Indonesia dan di marketplace ternama. 

1https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/demystifying-hyperpigmentation-causes-types-and-effective-treatments 

2https://www.jintegrativederm.org/article/56676-integrative-approaches-to-hyperpigmentation-therapy 

3https://doi.org/10.1111/srt.13189 

4https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/fade-dark-spots 

5https://doi.org/10.1111/pcmr.12986

BENAR
ATAU SALAH

Placeholder

COKELAT TIDAK BAIK
UNTUK KULIT RENTAN JERAWAT.

SALAH Placeholder

Tidak ada bukti yang kuat bahwa cokelat memiliki efek apa pun pada jerawat, meskipun hal ini akan berbeda pada tiap orang, sehingga jerawat mungkin muncul pada beberapa orang. Cokelat hitam atau dark chocolate sebenarnya mengandung bahan antioksidan yang baik untuk kulit Anda!
Pelajari Selengkapnya
Placeholder

MAKANAN BERMINYAK
BERARTI KULIT BERMINYAK.

SALAH Placeholder

Mitos umum tentang jerawat adalah bahwa lemak yang Anda konsumsi bisa membuat pori-pori Anda terlihat lebih berminyak, tapi tidak ada hubungan langsung di antara keduanya. Namun demikian, hidangan yang kaya akan lemak tidak jenuh dapat mendorong peradangan mikro di seluruh organ tubuh, termasuk kulit.  Singkatnya, daging berlemak dan kentang goreng tidak akan menyebabkan jerawat, namun menyantapnya secara tidak berlebihan adalah langkah terbaik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Pelajari Selengkapnya
Placeholder

GULA BISA
MEMPERBURUK JERAWAT.

BENAR Placeholder

Berbagai penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa makanan dengan Indeks Glikemik tinggi - yang menyebabkan melonjaknya gula darah - bisa memperburuk jerawat.  Kami tahu ini lebih mudah untuk diucapkan daripada dilakukan, namun untuk menjaga kulit Anda tetap indah, jauhkan diri Anda dari menyantap kudapan manis, minuman mengandung gula, dan hidangan yang terbuat dari tepung putih, dan sebaliknya memakan makanan berserat tinggi seperti yang terbuat dari biji-bijian dan kacang-kacangan utuh.
Pelajari Selengkapnya
Placeholder

MEMENCET JERAWAT
BERDAMPAK BURUK BAGI ANDA.

BENAR Placeholder

Meskipun tampaknya merupakan cara cepat untuk mengatasi jerawat, memencet jerawat sebenarnya akan memperburuk keadaan kulit Anda yang rentan berjerawat karena bisa merusak folikel rambut yang telah terinfeksi dan meningkatkan peradangan. Anda bahkan dapat membawa infeksi baru dari kuku jemari.Jadi, memencet jerawat adalah kebiasaan buruk dan harus dihindari!
Pelajari Selengkapnya

KOMITMEN
KEAMANAN KAMI

Standar keamanan yang melampaui regulasi kosmetik internasional.